Sejarah Perkembangan Komputer

by | Dec 14, 2020 | Blog, Modul | 0 comments

Komputer berasal dari bahasa latin ( computare ) yang bermakna alat penghitung, karena awalnya lebih dipakai atau digunakan sebagai perangkat bantuan dalam hal menghitung amgka-angka sebelum akhirnya menjadi perangkat multiguna. Komputer yang kita gunakan saat ini tidak luput dari evolusi atau sejarah perkembangan komputer dari masa lampau. Secara keseluruhan, komputer dibagi menjadi lima generasi, antara lain sebagai berikut.

Perkembangan Komputer Generasi Pertama

Perangkat komputer generasi pertama dikembangkan untuk mendesain pesawat dan peluru kendali. Ilmuwan yang menggagas atau menciptakan konsep pengembangan tersebut adalah seorang insinyur asal negara Jerman yang bernama Konrad Zuse. Selanjutnya pada pertengahan kurang lebih pada tahun 1940-an, komputer tersebut mengalami perkembangan lebih lanjut yang dilakukan oleh John von Neuman. Selain itu, terdapat komputer yang diberi nama ENIAC, yang merupakan perkembangan komputer elektronik pertama di seluruh dunia dan memilki bobot seberat 30 ton, panjang 30m, tinggi 2,4 m, membutuhkan daya listrik 174 kilowatts. Komputer generasi ini menggunakan tabung hampa udara ( vacum tube ) yang terbuat dari kaca untuk penguat sinyal. Namun, hal tersebut masih banyak memiliki kendala diantaranya mudah pecah dan cepat menyalurkan panas.

Perkembangan Komputer Generasi Kedua

Penemuan penting telah terjadi, di generasi kedua ini adalah transistor yang dapat menggantikan tabung hampa udara yang terbuat dari kaca, sehingga membuat komputer generasi ini lebih kecil dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Transistor mulai digunakan pada komputer kurang lebih sekitar tahun 1956-an. Selain transistor juga dikembangkan memori inti magnetik yang sangat membantu perkembangan komputer generasi ini menjadi lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibandingkan dengan komputer generasi sebelumnya atau generasi pertama. Beberapa jenis komputer generasi kedua ini, antara lain IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV, dan Honeywell Model 800.

Perkembangan Komputer Generasi Ketiga

Komputer generasi ketiga muncul sejak era tahun 1965-1971-an. Transistor yang sudah dianggap tidak efisien lagi sehingga membuat para ilmuwan mencari jalan alternatif lain dan kemudian ditemukan pada batu kuarsa ( quartz rock ). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument telah mengembangkan teknologi IC yaitu sirkuit terintegrasi( IC atau bisa disebut Integrated Circuit ) pada tahun 1958. Hal tersebut menjadi sebuah inovasi dan terobosan baru yang mampu mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.

Perkembangan Komputer Generasi Keempat

Pada generasi ini, sejarah perkembangan komputer telah menggunakan chip IC yang dikembangkan ulang. Perusahaan yang berperan pada masa itu adalah Very Large Scale Integration yang melakukan pengembangan pada tahun 1980-an. Alhasil, satu chip tunggal dapat menampung ribuan komponen ( perangkat keras lainnya ) istilah dari “Personal Komputer” atau PC muncul. Artinya perangkat komputer mulai dipasarkan atau diperdagangkan ke sektor perorangan. Selanjutnya muncul seperangkat komputer yang mudah dibawa kemana-mana dan lebih fleksibel dan diberi dengan nama laptop. Jenis-jenis komputer yang muncul pada generasi ketiga diantaranya UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90, dan 1107, IBM 7070, 7080, 1400, dan 1600.

Perkembangan Komputer Generasi Kelima

Sejarah perkembangan komputer generasi kelima adalah komputer yang kita gunakan sekarang ini di mana pada generasi ini di LSI ( Large Scale Integration ) yang merupakan pemadatan ribuan mikroprosessor dan semikonduktor, komputer generasi kelima kerap disebut sebagai komputer generasi maju atau masa depan. Beberapa bukti kemunculan komputer generasi kelima dapat dilihat dengan smartphone, tablet, phablet, notebook, ultrabook, dll. Dimasa mendatang, perangkat komputer dapat dijalankan tanpa harus menggunakan kontak antara pengguna ( kontak fisik ), tetapi menggunakan frekuensi atau gelombang otak.

Perkembangan Komputer Generasi Keenam (pengembangan)

Komputer generasi keenam merupakan komputer yang digadangkan akan menggunakan kecerdasan buatan ( Artificial Intelligence ) dan memberikan peluang baru pada terjadinya interaksi antara manusia dengan komputer. Saat ini komputer generasi keenam masih dalam tahap pengembangan dan disebarkan secara publik, akan tetapi sudah diperkirakan kedepannya bahwa komputer akan dapat melakukan interaksi baik secara fisik maupun psikis, dapat melihat, mendengar, berbicara dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Pengguna tidak perlu lagi melakukn penulisan atau pembuatan program ( programless computer ). Saat ini tengah dilakukan pengembangan teknologi mikrooptik dan input output audio. Komputer mungkin tidak akan memerlukantampilan fisik seperti monitor atau keyboard dan juga mouse lagi, display dan keyboard akan digantikan dengan menggunakan teknologi hologram berupa virtual keyboard sehingga sangat memungkinkan bentuk komputer yang sangat mini, seperti arloji, atau semacamnya.

Referensi

  • Bligh, A. 2015. Towards a 10-year plan for science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Education and Skills in Queensland : Department of Education, Training and the Arts.
  • Gonzales, H.B. dan J.J Kuenzi. 2012. Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education: A Primer. Congressional Research Service.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *