NVIDIA MX Linux no display After Installing Driver [SOLVED]

by | Dec 26, 2020 | Blog, FOSS, Linux | 0 comments

Pada saat itu saya menggunakan MX Linux dan mencoba menginstall driver NVIDIA pada sistem linux saya, setelah itu saya mengalami beberapa kendala setelah melakukan konfigurasi pada xorg.conf menggunakan nvidia-xconfig dan setelah mencoba saya reboot sistem linuxnya dan hasilnya hanya nvidia mx linux no display.

Saya mencoba dengan beberapa cara dengan menyetting xorg.conf dan mengambalikan seperti sebelumnya kemudian saya reboot kembali saya kira kemungkinan permasalahan ini dari konfigurasi xorg tersebut, setelah booting selesai masih tetap error nvidia mx linux no display lagi dan setelah pusing tujuh keliling mencari referensi saya menemukan beberapa solusi yang berhasil digunakan untuk mengatasi masalah tersebut menggunakan perintah dari MX Linux itu sendiri perintah ini bertujuan untuk menuninstall module module nvidia pada sistem linux yang sudah tercompile dengan kernel.

Fix After Installing NVIDIA MX Linux

1. Setelah login pada MX Linux mode tty/CLI, ketikkan perintah tersebut untuk menguninstall semua paket NVIDIA Driver yang sudah terinstall pada sistem kalian dan secara otomatis perintah ini akan decompile lagi dan mengcompile driver defaultnya yaitu xorg-intel-drivers dan menghilanhkan nvidia-driver pada sistem kernel dkms.

sudo ddm-mx -p nvidia
nvidia-mx-linux-no-display

Setelah itu kalian akan diberi pertanyaan apakah dilanjut atau tidak, secara default perintah ini “yes”. Oke, jika kalian ingin menghilangkan drivers nvidia kalian pada sistem MX Linux kalian silahkan pilih Yes dan sistem secara otomatis akan meremove nvidia library pada sistem dan menginstall library xorg-intel-drivers.

Proses ini cukup memakan waktu banyak, mengenai NVIDIA pada sistem operasi linux masih belum sempurna dan masih banyak kecacatan dalam hal GPU mungkin saat ini masih tahap pengembangan karena sudah ada beberap versi linux dan GPU tertentu yang support dan bisa menggunakan Graphics Card, kemungkinan masih 20% dari semua Sistem Operasi Linux yang support GPU Drivers hanya beberapa itupun tidak semua versi melainkan beberapa kernel, versi sistem operasi, dan GPU tertentu. “Stay Safe and Keep Healthy Everyone in the Covid-19 Pandemic”.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Referensi :

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *